Home » Tutorial PHP » Apa itu PHP Programming

Apa itu PHP Programming

Halo gaes, ketemu lagi di konten yang bisa dikategorikan sebagai Tutorial PHP ini. Kali ini aku akan menggotong topik tentang apa itu PHP programming. Topik ini seakan-akan merupakan topik dasar yang melandasi kemampuan pemrogramman PHP seseorang. Oleh sebab itu, dalam konten sederhana ini aku akan mencoba membahasnya khusus untuk kalian.

Bahasa pemrograman PHP merupakan salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman yang telah diluncurkan selama ini. Dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP ini, banyak hal yang tidak bisa dilakukan menggunakan koding HTML  menjadi bisa dilakukan dengan mudahnya. Hal-hal tersebut termasuk namun tidak terbatas pada membuat simple bahasa pemrograman yang berbelit serta mengurangi pengulangan-pengulangan pembuatan file yang serupa.

Sebagai contoh, untuk membuat list yang berisi 100 angka yang berurutan jika hanya menggunakan HTML saja maka akan terjadi kesulitan yang cukup banyak mengingat 1000 baris data bukanlah jumlah yang sedikit. Tetapi dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP hal ini bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan bahkan tergolong mudah sekalipun untuk orang awam seperti aku ini.

Jika kalian bertanya kepada aku seperti apakah list yang berisi 100 angka yang berurutan itu maka berikut ini adalah jawabannya:

1 | 100  | 100
2 | 100  | 200
3 | 100  | 300

Dan seterusnya hingga 100 angka.

Jika kalian menggunakan bahasa pemrograman HTML saja tanpa dibarengi dengan penggunaan bahasa pemrograman PHP maka kalian tentunya mengerti kenapa kita akan mengetikkannya seperti di bawah ini:

<!doctype html>
<html>
    <head>
        <title>Tabel 1</title>
    </head>
    <body>
    <ol>
        <li>1 | 100 | 100</li>
        <li>2 | 100 | 200</li>
        <li>3 | 100 | 300</li>
        ...

Dan seterusnya hingga mencapai 100 baris angka yang diperlukan. Bagaimana? Cukup melelahkan bukan?

Namun ini akan menjadi hal yang mudah untuk dilakukan jika kalian menggunakan bahasa pemrograman PHP. Cara menggunakannya kalian bisa melihatnya seperti pada contoh berikut ini:

<?php
    $i = 1;
    $j = 100;
    $k = 100;

    while(true) {
        echo "$i | $j | $k <br>";
        if($i==100)
            break;
	$i += 1;
	$k += 100;
    }
?>

Nah, sekarang tentunya nampak bagi kalian seberapa besar perbedaan pekerjaan yang harus kita lakukan jika menampilkan data list 100 angka seperti tersebut diatas jika hanya dilakukan dengan menggunakan HTML saja dengan jika dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Selain dari itu, penggunaan bahasa pemrograman PHP bisa mengurangi beban server yang digunakan untuk menghosting file-file kita karena bahasa pemrograman satu ini bisa digunakan untuk meringkas jumlah file yang diperlukan dalam pengembangan sebuah web; dengan prinsip yang hampir sama dengan prinsip yang kita gunakan pada saat membuat list dengan 100 baris angka tersebut diatas.

Jika kalian memperhatikan barisan kode bahasa pemrograman PHP yang telah kita bahas diatas, tentunya kalian melihat terdapatnya tanda pembuka program PHP <?php dan tanda penutupnya yakni ?>.

Kedua tanda tersebut merupakan ciri-ciri yang membedakan program yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan program yang dibuat dengan bahasa pemrograman lainnya.

Selain daripada itu, program yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP hanya bisa dijalankan di server saja dan tidak bisa dijalankan di computer milik kita sendiri tanpa menginstal software tertentu . Karena sifatnya itu bahasa pemrograman PHP ini digolongkan sebagai bahasa pemrograman server side.

Sementara itu, jika kalian ingin mengembangkan aplikasi yang berbasis bahasa pemrograman PHP di computer kalian sendiri kalian bisa menginstal software tertentu seperti XAMPP atau software alternatifnya seperti WAMP Server dan lain-lain.

Jika kalian ingin mencoba membuat sendiri aplikasi  ringan yang berbasis bahasa pemrograman PHP di computer kalian masing-masing kalian bisa mencoba membuat sendiri program “Halo, Dunia!” dengan bahasa pemrograman PHP.

Sebuah program  “Halo, Dunia!” secara umum merupakan suatu program komputer yang dibuat untuk menampilkan atau memunculkan pesan “Halo, Dunia!”.  Program ini merupakan sebuah program yang sangat sederhana dan digunakan oleh orang yang sedang mempelajari bahasa pemrograman PHP untuk pertama kalinya. Untuk membuatnya, buatlah dokumen dengan bahasa pemrograman PHP menggunakan editor kesayangan kalian misalnya Notepad++. Kemudian bukalah.

Setelah sebuah dokumen dengan bahasa pemrograman PHP terbuka dengan baik, copy dan pastekan kode berikut ini ke dokumen yang telah kalian buat diatas.

<?php
    echo "Halo, Dunia!";
?>

Kemudian save dokumen tersebut di root folder htdocs XAMPP kalian. Hidupkan aplikasi XAMPP kalian. Setelah itu jalankan program “Halo, Dunia!” milik kalian di browser kalian masing-masing. Caranya yaitu dengan mengetikkan “localhost/namafile.php” tanpa tanda kutip (ganti nama file dengan nama file milik kalian) di browser kalian masing-masing.  Jika muncul tulisan Halo, Dunia! Di browser kalian, maka itu artinya program ini telah sukses dibuat.

Selain dari membuat aplikasi sederhana “Halo Dunia” seperti tersebut diatas, kalian juga bisa membuat aplikasi lain seperti simple hitcounter, juga dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Jika kalian merasa penasaran dengan aplikasi ini, kalian boleh menyimak cara yang akan aku beberkan berikut ini:

1. Buatlah sebuah file php dengan nama hitcounter.php (kalian boleh menggunakan nama apa saja, ini sekedar contoh buat kalian);

2. Copy paste kode berikut ini ke dalam file tersebut:

<?php
    if(!file_exists('hits.txt')) // Jika file tidak eksis
        $hits = 0; // Set total hitsnya dengan 0
    else  // Selain dari itu
        $hits = file_get_contents('hits.txt'); // Ambil konten file hits.txt yang merupakan total hits sebelumnya yang telah disimpan dengan baik di file tersebut
    file_put_contents('hits.txt', $hits + 1); // Tambahkan 1 hit ke dalam konten file hits.txt yang sama
    echo 'Total hits: '.file_get_contents('hits.txt'); // Ambil dan echo-kan record total hits dari file hits.txt
?>

Tempatkan file hitcounter.php tersebut di atas di root folder localhost kalian;

Kemudian akseslah file hitcounter.php milik kalian tersebut di atas melalui browser kesayangan kalian. Maka akan tampilah record total hits yang telah diterima.

Jika kalian merasa kurang puas juga dengan contoh-contoh program PHP sederhana tersebut diatas, maka kalian bisa mencarinya di seluruh penjuru daring dengan cara menggunakan mesin pencari yang bisa kalian temukan di browser kesayangan kalian masing-masing.

Untuk penggunaan bahasa pemrogramman PHP yang lebih banyak lagi kalian bisa datang secara teratur ke blog milik aku ini karena siapa tahu aku sudah menyelesaikan postingan lainnya yang sengaja aku kategorikan sebagai tutorial php.  Kalian bisa datang ke blog ini 1 minggu sekali atau 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali terserah kalian saja. Aku yang merupakan administrator blog ini senantiasa akan berusaha mempostingkan konten yang berhubungan dengan bahasa pemrograman PHP meskipun dalam bentuknya yang amburadul maklum aku juga masih nubi. 

Demikian blogposting ini dibuat, atas perhatian dan kesudiannya datang aku ucapkan terima kasih.

About Kokom

First Name: Kokom
Information about this author is private.

Share This

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *